Senin, 22 Agustus 2011

Microalgae - Basic charactheristic

 Solazyme_meeting the growing needs for renewable fuels web source
Dalam planktonologi kita akan sering bertemu dengan biota mungil yang satu ini, karena ukurannya yang mikroskopis dan tidak memiliki kemampuan untuk melawan arus maka biota ini dapat di kategorikan dalam plankton. Microalgae merupakan keluarga tumbuhan hijau yang hanya hidup di dalam air sebagai mana kelompok keluarga besarnya yaitu algae. Oleh karena itu air merupakan faktor utama biota ini dapat hidup, dan secara umum memang microalgae tersebar di berbagai tipe habitat perairan mulai dari perairan tawar, payau, maupun laut. Untuk artikel kali ini saya mencoba memberi gambaran dasar kepada rekan2, agar bisa mengenal microalgae secara umum dulu.

a. karakteristik dasar microalgae (prokaryota dan eukaryota)
Microalgae, sebagai bagian dari keluarga besarnya, Algae, memiliki 2 tipe sel yang berbeda, yaitu prokaryota dan eukaryota. Tipe prokaryota merupakan tipe karakter sel yang tidak memiliki membrane-bounded organelles (seperti plastids, mitochondria, nuclei, Golgi bodies/badan golgi, dan flagella). Sedangkan Tipe Eukaryota hampir memiliki secara lengkap membrane-bounded organelles. Jenis microalgae yang termasuk prokaryota adalah cyanobacteria. Namun hampir kebanyakan microalgae memiliki tipe sel eukaryota.


Drawing of a cell of the green alga Chlamydomonas showing the organelles present in a eukaryotic algal. (C) Chloroplast; (CV) contractile vacuole; (E.R.) endoplasmic reticulum; (F) flagella; (G) Golgi  (M) mitochondrion;   (N) nucleus; (P) pyrenoid; (S) starch; (V) vacuole; (W) wall.
Kesemua bagian/organel yang ada pada microalgae memiliki peran dan fungsi masing-masing, dan secara umum digambarkan oleh gambar Chlamydomonas diatas ini. Dalam postingan lain, saya akan coba membahas salah satu organel yang penting, yaitu flagella. Coba bayangkan, didalam biota mungil (microalgae) ini terdapat satu bagian yang memiliki kerja layaknya sebuah mesin penggerek atau alat engkol bahasa awannya. Menarik sekali memang, walau ukurannya mikrospis, namun ternyata memiliki rahasia unik.


b. pengklasifikasian microalgae
Secara garis besar microalgae dalam pengklasifikasiannya mengikuti klasifikasi algae. Jika melihat secara kualitatif maka berbagai jenis microalgae akan dikelompokkan berdasarkan warna (kandungan klorofilnya) dan habitat hidupnya. Namun sebelumnya rekan-rekan harus mengenal ini dulu Properties of Major Algal Taxonomic Groups.


Properties of Major Algal Taxonomic Groups


S.No
Taxonomic Group
Chlorophyll
Carotenoids
Bilo
proteins
Storage products
Flagellation &Cell structure
1.
Bacillariophyta

a, c

β-carotene
± -carotene  rarely fucoxanthin,.



Chrysolaminarin
oils

1 apical  flagellum in male gametes:
cell in two halves with elaborate
markings.

2.
Chloro
phycophyta
(green algae)


a, b

β-carotene,
± -carotene
rarely  carotene
and lycopene,
lutein.


Starch, oils

1,2,4 to many,
equal, apical  or
subapical flagella.

3.
Chrysophycophyta
(golden algae)

a, c ,

β-carotene,
fucoxanthin

Chrysolaminarin
oils
1 or 2 unequal, apical flagella, in some, cell  surface covered by characteristic scales.

4.
Cyanobacteria
(blue green algae)

a,c
β-carotene,
phycobilins



5.
Phaeco
phycophyta
(brown algae)

a,c

β-carotene, ±
fucoxanthin,
violaxanthin


Laminarin, soluble
carbohydrates,  oils

2 lateral flagella

6.
Dinophyta
(dinpflagellates)

a,c

β-carotene,
peridinin,
neoperididnin
dinoxanthin,
neodinoxanthin.


Starch, oils

2 lateral, 1 trailing,1 girdling flagellum, in  most, there
is a longitudinal
and transverse
furrow and angular plates.

7.
Rhodo
phycophyta
(red algae )

a, rarely d

β-carotene, zeaxanthin
± β  carotene

Phyco
erythrin
phyco
cyanin

Floridean starch
oils

Flagella absent




Berdasarkan tabel di atas, terdapat 7 kelompok besar dari algae yang memiliki karakteristi k sendiri-sendiri, dan dapat diperhatikan bahwa 7 kelompok ini mewakili tipe warna yang berbeda-beda. Nah pengklasifikasian algae diatas berdasarkan informasi dari algaebase yang menyebutkan bahwa tekhnik pengklasifikasian yang mereka lakukan menggunakan mikroskop elektron, sehingga beberapa bagian organel seperti flagella dan yang lain terlihat jelas.

Sampai disini, saya kira cukup untuk pengantar pengenalan microalgae. Semoga bermanfaat bagi rekan2 yang ingin belajar tentang phycology. Masih banyak sebenarnya yang dapat dibahas, tapi lebih baik sedikit-sedikit, lama-lamakan akan jadi bukit. Thanks, silahkan disanggah atau menambahkan informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar